Process

Produk keramik (terracotta, stoneware dan porselen) membutuhkan 2 tahap utama dalam pembuatannya. 

1. Proses membentuk
2. Proses mewarnai (glasir) serta pembakaran
 

Produk keramik terbuat dari tanah liat yang dibakar dengan suhu tinggi.  Pembakaran tergantung pada jenis tanah liatnya.

Terracotta

Tanah liat/ lempung dengan kandungan oksida besi (iron oxide) tinggi, biasa didapati di area persawahan.  Benda-benda yang dibuat dari tanah liat ini sering dibakar di tempat terbuka misal area persawahan dan membutuhkan suhu bakar di kisaran 700°-900° Celcius.  Hasil bakaran berwarna merah bata.  Contohnya antara lain: genteng, batu bata.

Stoneware

Biasa disebut tanah keramik, membutuhkan suhu bakar tinggi 1200°-1280° Celcius, sehingga untuk proses pembakarannya diperlukan tungku tertutup.  Benda-benda stoneware biasanya dilapisi glasir terlebih dahulu.  Lapisan glasir ini memberikan warna-warna menarik pada benda keramik.

Porcelain

Secara natural ditemukan di China.  Namun sejak abad ke 16, Eropa mulai merekayasa tanah porselen.  Eropa membutuhkan waktu dua abad untuk menyempurnakan teknik rekayasa tanah porselen dan pembakarannya.  Penemuan orang Eropa ini mematahkan dominasi  dan monopoli produk porselen China yang sudah terkenal selama ribuan tahun.  Proselen memiliki keindahan tersendiri, warnanya putih bersih dan dapat meneruskan cahaya (translucent).

Proses Membentuk

Ada beberapa teknik, mulai yang sederhana, hingga kompleks dan rumit dalam membentuk benda keramik.  Tanah liat dalam bentuk lumpur padat dibentuk sesuai kebutuhan dan fungsi benda.

Pinching

Pencet

Coiling

Tanah liat dibentuk tali, untuk membuat benda-benda besar

Slab

Lempengan

Throwing

Ditemukan orang Sumeria, 5000SM saat ditemukannya roda. Teknik ini menggunakan meja roda pelarik guna menghasilkan benda keramik  

Casting

Berkembang sejalan dengan keberhasilan Eropa menyempurnakan teknik rekayasa tanah porselen di abad ke 18.

 

Coloring Process and Firing

Glasir merupakan teknik mewarnai benda-benda keramik.  Komposisi bahan glasir mengandung silica (Si) bahan dasar dari kaca.  Silika meleleh pada kisaran suhu 1100° Celcius menutupi permukaan benda dan membuatnya kedap air.  Bahan lain yaitu oksida logam, seperti cobalt oxide, iron oxide, dll akan memberikan warna menarik pada benda keramik.
Jika materi stoneware membutuhkan suhu 1200°-1250° Celcius; porselen membutuhkan suhu di atas 1300° Celcius.  Pembakaran suhu tinggi membutuhkan teknologi tinggi.